Air Terjun Simanik-manik, Objek Wisata yang Masih Tersembunyi

 

Banyak sekali objek wisata yang tersimpan di wilayah Sumatera Utara. Berbagai objek wisata yang terdapat diberbagai lokasi diluar objek wisata yang sudah lama dikenal banyak bisa dijumpai. Bahkan seringkali objek wisata itu terdapat tidak jauh dari seputaran kota kabupaten/kota maupun kecamatan. Keindahannya terkadang tidak kalah dengan objek wisata yang sudah terkenal lebih dahulu.Salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Simanik-manik yang terletak di desa Loburappa, Aek Songsongan,Kabupaten Asahan Sumatera Utara.

Air terjun ini terletak didalam lokasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan “Alam Tani ” Yayasan Sintesa Medan. Kelebihan objek wisata ini adalah masih alami belum dipoles oleh tangan-tangan manusia. Dilokasi ini terdapat satu Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan dengan berbagai Fasilitas sederhana yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat pelatihan,rekreasi alam,rapat-rapat kerja organisasi maupun lembaga/institusi lainnya.

Lokasi ini oleh Yayasan Sintesa,sebuah organisasi yang berkonsentrasi dibidang pertanian rakyat sering dijadikan tempat penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi para petani dalam berbagai pengetahuan dan keterampilan diantaranya ;
1. tentang pertanian organik
2. tentang pemanfaatan biogas
3. tentang peternakan lembu
4. tentang pengorganisasian petani
5. tentang lembaga keuangan petani , dll.
Tetapi tidak tertutup kemungkinan bagi kelompok-kelompok lain,institusi/lembaga,keluarga,para pelajar dan mahasiswa untuk mempergunakan lokasi dan semua fasilitas sederhana yang dimilikinya dalam acara-acara tertentu.

Gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan “Alam Tani” ini memiliki aula cukup luas dilantai 2 dan beberapa kamar tidur lengkap dengan tempat tidurnya dilantai 1. Dilokasi seluas sekitar 5 hektar (seputar gedung induknya) berbagai objek alam seperti,sungai kecil,jalur-jalur track,lokasi camping ground, gua mini,peternakan lembu,dan perkampungan penduduk disekitarnya menjadi point penting yang dapat dimanfaatkan sebagai faktor pendukung kegiatan semacam pelatihan,penjelajahan dsb. Tak hanya itu, lokasi ini dapat terhubung dengan objek wisata lainnya seperti

Lokasi arung jeram berskala Internasional, Air terjun Sigura-gura,Proyek PLTA Asahan,jalan lingkar menuju kota Parapat/Danau Toba sehingga lokasi ini tidak menutup kesempatan anda untuk melanjutkan pengalaman wisata anda kelain tempat tanpa perlu berpindah arah yang membingungkan.
Disekitar desa Loburappa/Aek Songsongan ini masih ada beberapa objek wisata lainnya yang masih alami dan memberikan rasa kedamaian bagi setiap pengunjungnya. Ini adalah salah satu objek wisata bak permata yang masih tersimpan dialam. Namun sinar keindahannya sudah terlihat tatkala kita mendatanginya sehingga mendorong imajinasi dan inspirasi bagi pencinta alam dan keindahannya.

Bagi anda yang ingin mencoba dan menggunakan lokasi ini,anda bisa menghubungi Yayasan Sintesa, Jl.Eka Rasmi VI No.9 Kel.Gedung Johor Kec.Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara. Lokasi ini dapat dijangkau sekitar 7 jam perjalanan dari kota Medan dengan kenderaan pribadi,Bus angkutan umum dan jasa Kereta Api jurusan Medan-Rantau Prapat.