Air Terjun Aek sijorni

Aek sijorni ini merupakan salah satu tempat wisata air di Kabupaten tapanuli selatan yang berlokasi di Desa Aek Libung Kecamatan Sayurmatinggi yang berjarak -+35 Km dari kota Padangsidimpuan, apabila kita memulai perjalanan dari kota Padangsidimpuan dapat memulai dengn menaiki angkutan umum bernomor “02” sampai di terminal PAL IV (Rp 3000) kemudian bias melanjutkan dengan menaiki angkot Anatra (Rp 7000-R10.000) atau dengan angkot Aek Mais (L300) dengan ongkos (Rp 5000).

Aek Sijorni berasal dari bahasa batak. Aek yg artinya air, sedangkan Sijorni adalah jernih bila disatukan dapat diartikan Air yang Jernih. Aek Sijorni ini memang memiliki air yang sangat jernih dan pasir yang berwarna putih, wisata air ini pun memiliki air terjun yang tinginya kurang lebih 10 meter, yang landai dan dihiasi pohon~pohon kelapa yang tumbuh di tengah~tengah air terjun itu,

Di aek si jorni ini juga suda memiliki fasilitas yang lengkap seperti parkir (Rp 5000), warung, pondok, mushola, wc, dan sebagainya yang menujang aktivitas liburan menjadi lebih mudah lagi.

Aek Sijorni terletak di desa Aek Libung, Kecamatan Sayurmatingi Kabupaten Tapanuli Selatan. Kurang lebih jarak yg akan kami tempuh untuk menuju Aek Sijorni dari desa Sibanggor Julu adalah 35-40km. Perjalanan pun kami mulai dari sini.

Untuk memasuki lokasi permandian air terjun ini kita juga harus melewati jembatan gantung (rambin) untuk melewati sungai dan biasanya ada biaya masuk sebesar Rp 5000 (saya bilang biasanya karena terkadang biaya masuk tidak ada, terkadang diganti dengan harus membeli sesuatu sebelum masuk, terkadang juga gratis). Tempat wisata ini sudah dikelola oleh pemeritah daerah. Semoga objek wisata ini semakin banyak pengunjungnya dan semakin jernih keuntungannya untuk daerah.